Sutan: Demokrat Jeblok, Tenang Masih Ada SBY


(Antara)
Jakarta, Antara.  - Sejumlah survei menunjukkan elektabilitas Partai Demokrat turun. Elit partai yang terbelit kasus korupsi menjadi salah satu sebab terpuruknya partai pemenang pemilihan umum 2009 ini.

Meski demikian, Wakil Ketua Fraksi Demokrat, Sutan Bhatoegana, meminta kader partainya tidak panik. Sebab, Demokrat masih memiliki sosok SusiloBambang Yudhoyono sebagai Ketua Dewan Pembina. SBY diyakini mampu memperbaiki citra buruk Demokrat.

"Ingat, SBY masih Presiden. Kalau SBY kampanye pada pemilu 2014 mendatang, saya yakin rakyat masih simpati pada kami," kata Sutan Minggu 17 Juni 2012.

Kekuatan SBY telah teruji pada pemilu 2009 yang lalu. Sebelum pemilu 2009, popularitas SBY mengalami penurunan dalam sejumlah survei. Namun pada akhirnya survei-survei itu tidak terbukti dalam pemilu. "SBY dikatakan turun waktu itu, eh ternyata kami malah menang dengan 21 persen," ujar dia.

Jebloknya elektabilitas Demokrat itu memang tidak bisa lepas dari kondisi internal partai, terutama isu korupsi. Sutan yakin, citra partainya akan kembali meningkat setelah dua kasus korupsi itu bisa dituntaskan oleh Komisi Pemberantasan Korupsi . 

"Kalau kasus itu selesai, semua sudah terbuka, kami yakin akan kembali dipilih oleh rakyat," tutur dia. Demokrat, dia menambahkan, juga akan melakukan perbaikan-perbaikan lainnya, selain menunggu penuntasan kasus itu di KPK. "Kami percaya tahun ini selesai."

Sebelumnya, sejumlah survei menunjukkan penurunan tingkat keterpilihan Demokrat. Terakhir, hasil survei dari Lingkaran Survei Indonesia (LSI) menunjukkan posisi Demokrat melorot ke posisi ketiga, berada di bawah Golkar dan PDI Perjuangan.

Survei itu dilakukan dengan metode multistage random sampling dengan margin of error 2,9 persen. Dalam survei yang dilakukan antara 2 sampai 11 Juni 2012 menggunakan responden sebanyak 1.200 orang. Hasilnya, jika pemilu dilakukan saat ini, Demokrat hanya dipilih oleh 11,3 persen, jauh di bawah Golkar yang meraup 20,9 persen dan PDIP yang memperoleh 14,0 persen./cay/.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Dewan Perwakilan Monyet

LINGKARAN

JEMBATAN AIRMATA